Kata Kunci atau Key Word

Source : Google


Penggunaan Kata Kunci atau Key Word sebenarnya tidak hanya berlaku di dunia SEO (Search Engine Optimization) saja. Tapi sangat berlaku di dunia pemasaran pada umumnya. Terutama dalam pembuatan Merek, Slogan dan Headline.

Kata Kunci adalah kata-kata yang tersebunyi di benak konsumen, saat seseorang membutuhkan sesuatu. Misalnya, Anda ingin makan "rawon”, pasti di benak Anda akan terngiang 'rawon'. Kemudian mata anda akan tertuju kepada warung makan dengan kata kunci 'rawon'. Masuk akal kan?


Contoh kedua, jika Anda sedang panas dalam, apa kata kunci yang ada di benak Anda?
• panas dalam
• sariawan
• obat sariawan
• obat panas dalam

Nah, itulah yang disebut kata kunci.
Kata kunci bukan hanya apa yang diinginkan, namun lebih dahsyat adalah apa yang tak diinginkan. Gak percaya?

Lebih banyak orang menghindari rasa sakit dibanding mengejar kesenangan. Contohnya buku pertama dan kedua saya, menggunakan kata kunci 'rasa sakit', yaitu 'kepepet' dan 'bangkrut'. Baru buku ketiga menggunakan kata kunci 'laris'.

Dalam materi White Copywriting, sudah saya singgung tentang Head Line << di sinilah letak kata kunci pada periklanan. Misal: "Sariawan, bibir pecah-pecah, tenggorokan panas dalam?” << ini semua adalah kata kunci dari sudut (angle) masalah (rasa sakit).
Ada juga kata kunci dari sudut 'iming-iming': "Penghasilan 20 juta perbulan” atau "Lebih tahan lama..!”.

Apa lagi? Bisa juga kata kunci dari sudut orang tercinta, misal: ayahmu, ibumu, orang tuamu, pasanganmu, anak-anakmu, orang yang kau cinta.

Banyak sudut (angle) pembidikan kata kunci. Tinggal dicoba saja mana yang lebih ampuh untuk produk/jasa Anda. Yang tertinggi konversinya, masukkan ke dalam formula pemasaran Anda.
Pemasaran online hampir semua menggunakan kata kunci, karena emang itulah yang ada di benak calon konsumen sebelum mengetik suatu kata. Selain kata kunci adalah gambar (image) << dalam pencarian tetap berdasar kata kunci.

Jika pemasaran produk Anda kurang menghasilkan, coba analisa dengan teliti, apakah Anda sudah melibatkan 'kata kunci' yang dicari konsumen atau tidak?

Ada beberapa tools gratis yang tersedia di pasaran, salah duanya adalah "Google Keyword Adwords Keyword Planner” dan "Uber Suggest”. Gampang banget pakainya. Hanya orang-orang yang 'pantas' akan menemukan jalannya..


"Stay Lapar, Stay Goblok..” ~ Om Jobs
------------------------------------------------------------------------
Salam
Jaya Setiabudi

loading...

Share:

0 comments